Istri Bapak (Ibu tiri) adalah Mahram untuk anak laki-laki bapak, tidak mahram untuk menantu laki-lakinya

Pertanyaan:
Jika bapak saya menikah lagi, apakah ibu tiri saya mahram (baca: wanita yang haram dinikahi) untuk saya? Jika saudari kandung saya menikah, apakah ibu tiri saya itu juga mahram bagi suami adik?
(Ditanyakan di kajian Hilyah Thalibil ‘Ilmi setiap Ahad malam di Balikpapan)

Jawaban:
1. Istri bapak (ibu tiri) adalah mahram bagi anak laki-laki bapak. Hubungan mahram ini terbangun dengan semata-mata sahnya akad nikah mereka (meskipun Bapak belum menyetubuhi istrinya tersebut) berdasarkan ijma’ para ulama sebagaimana yang dinukil penulis Shahih Fiqhus Sunnah, Abu Malik Kamal.

Dalilnya adalah firman Allah:
{وَلَا تَنكِحُوا مَا نَكَحَ آبَاؤُكُم مِّنَ النِّسَاءِ إِلَّا مَا قَدْ سَلَفَ ۚ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَمَقْتًا وَسَاءَ سَبِيلًا} [النساء : 22]
“Dan janganlah kamu kawini wanita-wanita yang telah dikawini oleh ayahmu, terkecuali pada masa yang telah lampau. Sesungguhnya perbuatan itu amat keji dan dibenci Allah dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh).” (QS. An-Nisaa: 22)

Bahkan Nabi pernah memerintahkan seorang sahabat untuk memenggal kepala dan mengambil harta seorang lelaki yang menikahi/menyetubuhi istri ayahnya. (HR. Ibnu Majah, At-Tirmidzi, An-Nasai, Abu Daud, Ad-Darimi, Al-Baihaqi, dishahihkan Syaikh Al-Albani)

2. Istri bapak (ibu tiri) tersebut bukan mahram bagi menantu laki-laki bapak (suami anak perempuannya). Hal ini dikarenakan hubungan mahram terbangun karena faktor nasab (pertalian darah), pernikahan dan persusuan. Sementara istri bapak dan menantu bapak tidak punya faktor itu. Pernikahannya dengan bapak tidak menjadikannya mahram bagi menantu bapak. Mereka ‘orang lain’.
Karenanya istri bapak tetap harus menutup aurat di hadapan menantu lelaki bapak, tidak berduaan dan bersentuhan dengannya.

Dijawab oleh Ustadz Muflih Safitra.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Download audio murottal juz 30 dan dzikir pagi petang Ustadz Muflih Safitra di playstore.

-Web: http://muflihsafitra.com
-TG:
@muflihsafitrabalikpapan
@murottaljuz30
@dzikirmuflihsafitra
-YT:
http://youtube.com/muflihsafitra
-FB: Muflihsafitra.com
-IG: muflihsafitracom

Top