Paksa diri tak pakai bajakan, kudapat Lenovo MIIX3 gratisan

Mulai jam 2 siang saya duduk di masjid An-Nasai Balikpapan, memanfaatkan wi-fi masjid untuk mencari cara memunculkan model khath Utsmani di LibreOffice Linux.

Sejak minggu lalu saya mulai menerjemahkan kitab Syarah Ushul Tsalatsah Syaikh Shalih Fauzan. Agar tak pakai software Office bajakan, saya memaksa diri untuk pakai Linux. LibreOfficenya tidak begitu jauh beda dengan Microsoft Office. Qaddarallah ada 1 kekurangan: SAYA tidak bisa memasukkan ayat-ayat dengan model khath Utsmani (model tulisan yang dipakai untuk mushaf Madinah) dalam buku yang saya terjemahkan.

Sampai hampir Ashar yang dicari belum juga ditemukan. Akhirnya karena sudah capek, di beberapa grup WA Indonesia maupun Saudi saya menebar postingan. Siapa tahu ada yang pernah punya pengalaman seperti yang sedang saya lakukan.

Seorang Ustadz baik hati dalam grup para juru dakwah menawarkan: Kalau saya bisa download Office 2010, maka beliau akan berikan 1 license key gratis. Artinya tidak perlu lagi repot mencari khath Utsmani untuk Linux. Saya pun setuju dan segera mencari yang diperlukan.

Saya mulai membuka berbagai link yang muncul di Google yang menawarkan download Office 2010. Saya mencoba download-install sesuai step yang diarahkan.

Sambil menunggu, saya shalat Ashar. Saya lihat ada seorang teman pengusaha ikut shalat bersama. 1 shaf tapi agak berjauhan. Rumahnya memang tidak jauh dari Masjid Nasai. Mau negur, tapi Office 2010 saat itu sedang lebih saya pentingkan.

Ba’da Ashar saya tengok laptop.
Qaddarallah, ternyata gagal. Dan begitu pun selanjutnya, download-install tak jua berhasil sampai maghrib. Padahal sudah lebih dari 10 kali percobaan.

Akhirnya pilihan kembali ke grup WA & TG.
Ceritanya saya memposting di grup Balikpapan, siapa tahu ada punya software Office 2010 dan mau meminjamkan.

Eh, teman pengusaha yang shalat Ashar tadi mengirim balasan: “Saya punya…”
Singkatnya saya ke rumah beliau kemarin malam.

Sampai disana beliau cerita bahwa tadi beliau sengaja shalat Ashar di Nasai sekalian membawa Lenovo MIIX3 sebagai hadiah untuk saya. Katanya terinspirasi soal motivasi saya dalam berdakwah. Saya memang pernah mengutarakannya dalam kajian Mulakhkhosh Fiqhiy beberapa pertemuan lalu. Namun, karena banyak orang di masjid dan khawatir tidak bisa menjaga keikhlasan, maka beliau pulang lagi dan berencana akan memberikannya di kajian Mulakhkhosh Fiqhiy berikutnya. Namun, Allah memberi kami berdua jalan kemudahan.

Malam kemarin saya pulang sejak keluar rumah jam 2, berburu khath mushaf Utsmani untuk Linux, beralih ke Office 2010 yang download-nya OMG, berakhir dengan Lenovo MIIX3 gratisan. #Di Lenovo-nya sudah ada Office 2007 dan 365 licensed, bukan bajakan.

Ya, dimulai memaksakan diri tidak pakai software bajakan.

من ترك شيئا لله عوضه خيرا منه
Siapa yang meninggalkan sesuatu yang buruk karena Allah, Allah akan gantikan dengan yang lebih baik dari yang ditinggalkannya.
_______________
28 Dzulqa’dah 1437 H
Muflih Safitra | Balikpapan

Top